[FATWA] Siapakah Ahlussunnah wal Jama’ah?

Oleh: Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah

Asy-Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin – semoga Allah mengangkat derajatnya diantara orang-orang yang mendapat petunjuk – ditanyai tentang:

“Siapakah ahlus sunnah wal jamaah?”


Beliau menjawab -semoga Allah melindunginya-:

“Ahlussunnah wal jamaah mereka adalah orang-orang yang memegang teguh as-sunnah, dan mereka bersatu diatasnya, tidak berpaling kepada selainnya, tidak dalam hal doktrin, maupun hal-hal praktis, karena inilah alasan mereka disebut Ahlussunnah, karena mereka bersikeras membela/memegang teguh sunnah, dan dinamai Ahlul Jama’ah karena mereka bersatu padu (tidak berpecah belah).

Jika anda memperhatikan keadaan ahlul bid’ah, maka kalian akan menemukan bahwa mereka berbeda dari segi kepercayaan, metodologi dan praktek, yang menunjukkan bahwa mereka jauh dari sunnah karena mereka telah membuat perkara baru yang termasuk bid’ah.




Asli Fatwa:

سئل فضيلة الشيخ – رفع الله درجته في المهديين – من هم أهل السنة والجماعة؟
فأجاب – حفظه الله تعالى – بقوله : أهل السنة والجماعة هم الذين تمسكوا بالسنة، واجتمعوا عليها، ولم يلتفتوا إلى سواها، لا في الأمور العلمية العقدية، ولا في الأمور العملية الحكمية، ولهذا سموا أهل السنة، لأنهم متمسكون بها، وسموا أهل الجماعة، لأنهم مجتمعون عليها.
وإذا تأملت أحوال أهل البدعة وجدتهم مختلفين فيما هم عليه من المنهاج العقدي أو العملي، مما يدل على أنهم بعيدون عن السنة بقدر ما أحدثوا من البدعة


Rujuk Majmu’ Fatawa wa Rasail Ibn Utsaimin bab Aqidah, Soal no. 7
Diterjemahkan oleh Abu Aqil di Langsa
Langsa, Senin 1 Januari 2010
URL: http://alatsar.wordpress.com/2010/02/01/siapakah-ahlussunnah-wal-jamaah/

Ulasan