Asy-Syaikh Rabi’ : Saya Tidak Benci Dengan Kritikan

(Bantahan terhadap orang-orang anti kritik berkedok kelemah lembutan. -pent)

“Inilah buku-buku saya, ambil dan bacalah, saya tidak mengatakan di dalamnya SEMUANYA BENAR. Mesti -saya tegaskan bahwa di dalamnya ada KESALAHAN-KESALAHAN.” Salah seorang berkata: “Wahai syaikh, Fulan ingin berdiskusi denganmu.” Saya katakan: “Maka segeralah jelaskan KESALAHAN-KESALAHAN saya sebelum saya meninggal. Saya berharap, juga kalian harap Salman Al-Awdah dan Safar Hawali semuanya untuk mengumpulkan semua buku karya saya dan mengkritisinya dan menerangkan KEBENARAN sehingga saya bisa bertaubat sebelum datang kematian saya.

TIDAKLAH KAMI BENCI KRITIKAN, Demi Allah, kami senang. Bawalah oleh salah seorang dari kalian sebagai penanggungjawab, buku-buku saya kepada mereka untuk dikritisi, dan jika telah ditelaah ADA KESALAHAN, maka saya ucapkan ‘Jazaakumullahu khoiron’ saya akan kirim hadiah-hadiah, jika tidak mampu saya akan mendoakan mereka. Demi Allah, tidaklah kami takut dari KRITIKAN karena kami bukan orang-orang yang MAKSUM (terjaga dari kesalahan) dan aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung.”




Teks Asli:

〰〰〰〰〰〰〰
هذا كلام قاله الشيخ ربيع المدخلي حفظه الله في شريط " النقد منهج شرعي " :

" وكتبي هذه خذوها واقرأوها وأنا لا أقول لكم إن كلَّ ما فيها صواب لا بد – وأؤكد لكم أن فيها أخطاء – قال أحدهم مرة : فلان يريد أن يناقشك ؟ قلت : فليسرع قبل أن أموت يبين أخطائي ، وأنا أرجوكم اذهبوا وترجَّوْا سلمان وسفر كلهم يجمعوا كتبي ويناقشوها ويبينون الحق فيها حتى أتوب منها قبل موتي ، ما نغضب من النقد أبداً والله نفرح ، وأنا أحمِّلُ كلاً منكم المسؤولية يذهب إليهم ليأخذوا كتبي ويناقشوها والذي يطلع بخطأ أقول له : جزاك الله خيراً و أرسل لهم جوائز وإذا عجزت أدعو لهم ، والله ما نخاف من النقد لأننا لسنا معصومين وأستغفر الله العظيم " .
〰〰〰〰〰〰〰


Diambil daripada
:: Rekaman Kritikan Adalah Manhaj Yang Syar'i Syaikh Rabi’ ~hafizhahullaah~ :: http://on.fb.me/1aihyKS

# via al-akh Sofyan, via Pages الشيخ ربيع بن هادي المدخلي (dgn sedikit suntingan) #

alfawaaid @ http://on.fb.me/1b6uWmv

Ulasan