Nasihat Al-'Allamah Asy-Syaikh Shalih Al-Luhaidan kepada Penuntut Ilmu yang Mengkritik Asy-Syaikh Rabi' bin Hadi hafizhahumullaah

Penanya:

أقرأ و أسمع في بعض المجالس حملة تطعن في فضيلة الشيخ/ الدكتور ربيع بن هادي المدخلي والتحذير منه والأخذ عنه ، وأنه ليس من أهل السنة والجماعة.
مما جعلني في حيرة من أمري في ذلك ، فما حكم ذلك ؟ نرجو التوضيح وجزاكم الله خيرا.

“Aku membaca dan mendengar di sebagian majelis bahwa ada sebagian orang yang mencela Fadhilatusy Syaikh Dr. Rabii’ bin Hadi Al-Madkhali, lalu mentahzir dan melarang mengambil ilmu dari beliau. Ia menyatakan bahwa beliau bukan termasuk Ahlus-Sunnah wal Jama’ah. Inilah yang menjadikanku ragu untuk mengambil ilmu dari beliau. Bagaimanakah hukum (mengambil ilmu dari Syaikh Rabii’-pen)? Kami membutuhkan penjelasan, semoga Allah memberikan balasan kebaikan pada Anda.”

Syaikh Shalih Al-Luhaidan hafizhahullaah menjawab:

لا شك أنه من أهل العلم،
وهو من تلامذة الشيخ عبد العزيز - رحمةُ الله عليه شيخنا الشيخ عبد العزيز – في المدينة
وكان من الأساتذة في جامعة المدينة، ولا أعرف عنه انحرافاً لا في عقيدة ولا في أخلاق
بل ظني فيه حسن، ومن أهل الخير، ومن المكافحين لدعاة الفتنة، ثم إني أنصح الشباب أن يتجنَّبوا الوقيعة في أهل العلم، و يَكُفُّوا ألسنتهم ، وأن يحرصوا على تقويم أنفسهم.
ثم إذا رأوا أنَّ في أحد – فيما يظنون عيباً – فليُفتِّشوا أنفسهم، ولينظروا فيها، فما وجدوا من عيوب يَحرصون على إصلاحها.

إذا شئت أن تبقى سليما من الأذى *** و دينك موفور وعرضك صيِّن
لسانك لا تذكر به عورة امرىء ***

هذا إذا وُجدت العورة
أما أنْ تُلتَمس للناس عورات ، أو يُسْمَع عنها ثم تُضَخَّم ثم يُدعى إليها فهذا ليس من الإصلاح في البلاد ولا من العمل الصالح.
نصيحتي لطلبة العلم عموماً أن لا يكونوا جريئين لا على الحكام ولا على العلماء.
وإذا علموا عن أحدٍ بأنَّ فيه عيباً وتأكَّدوا ذلك العيب ، وأنه عيبٌ لا يَحِلُّ حصوله فلْيَتَطوَّعوا ليُبلِّغوا ذلك الشخص ، إذا علموا العيب وعرفوا الدليل الذي يدل على أنَّ ذلك الأمر منكر ...
ليتذكَّروا وليقرؤوا سورة النور وما فيها من ذم الذين يخوضون بألسنتهم دون أن يتحقَّقوا العلم".

المرجع: محاضرة بعنوان ( صفات الفرقة الناجية والطائفة المنصورة.
التأريخ: (6 صفر 1431هـ.

“Tidak diragukan lagi bahwa beliau adalah seorang ulama. Beliau merupakan murid dari Syaikh Abdul Aziz (bin Baaz –pen) di Madinah. Semoga Allah merahmati guru kami Syaikh Abdul Aziz. Beliau termasuk di antara profesor di Universitas Madinah. Aku tidak mengetahui adanya penyimpangan dari beliau, baik dari sisi aqidah maupun akhlak. Aku memiliki prasangka yang baik terhadap beliau. Beliau adalah orang yang baik dan termasuk di antara ulama yang membantah para da’i yang menyerukan fitnah.

Kemudian aku menasehatkan pada para pemuda agar menjaga lisan-lisan mereka dan meninggalkan celaan terhadap para ulama. Hendaklah mereka sibuk memperbaiki diri-diri mereka. Jika mereka melihat aib –atau yang dianggap aib- pada salah seorang (ulama pen-), hendaklah mereka meneliti dan memperhatikan diri mereka. Jika mereka mengetahui terdapat aib yang banyak dalam dirinya, bersemangatlah dalam memperbaikinya.

Jika engkau ingin selamat dari gangguan

Agamamu selamat dan kehormatanmu terjaga

Maka janganlah engkau membeberkan aurat seorang pun

Ini jika engkau benar-benar melihat aib dari seseorang. Adapun orang-orang yang sengaja mencari-cari aib manusia atau ia hanya mendengarnya, namun sengaja dibesar-besarkan lalu ia menyeru manusia untuk mengetahu aib tersebut, maka hal semacam ini bukanlah termasuk perbuatan ishlaah di suatu negeri, bukan pula terhitung sebagai amal shalih.

Nasihatku untuk para penuntut ilmu secara umum, janganlah kalian menjadi seorang yang gemar mencela pemerintah atau mencela ulama. Jika kalian melihat aib dalam diri seseorang, maka telitilah aib tersebut.

Jika hal itu memang benar-benar aib yang diharamkan dan kalian mengetahui beserta dalilnya bahwa orang tersebut terjatuh dalam kemungkaran, maka ambillah sikap bijak lalu sampaikanlah hal itu kepada orang tersebut.

Hendaklah mereka ingat dan membaca surat An-Nuur. Di dalamnya terkandung peringatan terhadap orang-orang yang lisannya tenggelam dalam (fitnah –pen) sebelum mereka meneliti kebenarannya."

[Ceramah berjudul Shifat Al-Firqah An-Najiyah wa Tha‘ifah Al-Manshurah, 6 Shafar 1431 H]

Semoga Bermanfaat ! Baarakallahufiykum.

Via Al-Akh Andri Maadsa Dua #


Ulasan