Apakah Cukup Jika Ulama Yang Men-Jarh/Mengkritik Itu Hanya Seorang?

::: APAKAH CUKUP JIKA ULAMA YANG MEN-JARH/MENGKRITIK ITU HANYA SEORANG? :::

Oleh: Asy-Syaikh Abul Abbas Yasin bin 'Ali Al-Adeny حفظه الله

✹✹✹

بسم الله الرحمن الرحيم
والصلاة والسلام على النبي الكريم وعلى آله وصحبه أجمعين. أما بعد:

Al-Khothib telah menyebutkan dalam Tarikh Baghdad (8/374), bahwasanya tatkala Dawud al-Ashbahaaniy azh-Zhahiriy menginjakkan kaki di Baghdad, dan ketika itu dia dengan Shalih bin Ahmad (bin Hanbal) bertemu.

Maka ia berbicara kepada Shalih agar berbuat baik kepadanya dalam meminta ijin untuk bertemu bapaknya (al-Imam Ahmad bin Hanbal).

Lalu Shalih menemui bapaknya dan berkata: Ada seseorang memintaku untuk (mohon izin) menemui Anda.

▫ Al-Imam Ahmad bertanya: Siapa namanya?
▪ Shalih menjawab: Dawud
▫ Al-Imam Ahmad bertanya: Darimana?
▪ Shalih menjawab: Dia termasuk penduduk Ashbahaan.
▫ Al-Ahmad bertanya: Apa yang telah engkau lakukan padanya?
▪ Shalih mencoba menghindar dari memperkenalkannya (jati diri Dawud yang sebenarnya) kepada bapaknya.

Maka Abu Abdillah (Al-Imam Ahmad) terus mencecar memeriksanya hingga benar-benar memahami/tersadar (siapa orang yang akan bertamu tersebut).

▫ Lalu dia berkata: “Orang ini adalah yang Muhammad bin Yahya an-Naisabury telah menulis kepadaku tentang perihalnya bahwasanya dia beranggapan al-Qur`an adalah muhdats (makhluk). Maka janganlah dia mendekatiku!”

▪ Shalih berkata: “Wahai Ayahanda, dia menafikkan berita ini dan mengingkarinya.”

▫ Abu Abdillah pun menjawab: “Muhammad bin Yahya lebih jujur darinya. Maka jangan kau izinkan dia sedikitpun untuk menemuiku!.”

-selesai-

__________________

Ucapan beliau: (( “Orang ini adalah yang Muhammad bin Yahya an-Naisabury telah menulis kepadaku tentang perihalnya bahwasanya dia beranggapan al-Qur`an adalah muhdats (makhluk). Maka janganlah dia mendekatiku.”

Shalih berkata: “Wahai Ayahanda, dia menafikkan berita ini dan mengingkarinya.”

Maka Abu Abdillah menjawab: “Muhammad bin Yahya lebih jujur darinya. Maka jangan kau izinkan dia sedikitpun untuk menemuiku.” )),

Maka dalam atsar itu terdapat faidah bahwa:

 أن العالم الراسخ، العارف بأسباب الجرح يؤخذ بقوله وإن لم يصدر ذلك الجرح من عالم آخر.

“Seorang ulama yang kokoh ilmunya lagi memahami sebab-sebab jarh, DIAMBIL UCAPANNYA MESKIPUN TIDAK MUNCUL JARH TERSEBUT DARI ORANG ALIM YANG LAIN.”

Faidah ini menyelisihi apa yang diucapkan oleh 
▪ sebagian orang yang jahil yang mengatakan: “Kami akan menunggu ucapan orang Alim yang lain.”
▪ Dan yang lainnya lagi mengatakan: “Kami akan menunggu ucapan orang Alim yang ketiga.”
▪ Dan yang lainnya lagi mengatakan: “Kami akan menunggu ucapan dari ulama negeri ini dan itu.”
Demikian seterusnya.

Ini adalah metode seorang yang MENUNGGU SESUATU YANG SESUAI SELERA HAWA NAFSUNYA dan tidak mendapat taufik pemiliknya.

Berkata asy-Syaikh Robi' al-Madkholy:

 إذا نقل الأئمة الجرح المفسّر ، ولو إمام واحد نقل الجرح المفسر يكفينا

“Jika para imam (ulama pemimpin umat) sudah menyampaikan sebuah jarh yang mufassar (terperinci) MESKIPUN HANYA SATU IMAM yang menyampaikan jarh terperinci itu maka sudah mencukupi kita.”

وتقدم لكم أنه لو جرّح واحد بجارح معتبر ، وجاء من يعارضه ويُزكي هذا المجروح أنه يسقط ويسقط كلامه.

“Dan telah berlalu (penjelasannya) kepada kalian bahwa jika ada seorang yang men-jarh dengan jarh yang mu'tabar (teranggap, terakui) dan datang orang yang menentangnya dan mentazkiyah orang yang di-jarh maka ia akan gugur (tidak diterima) dan gugur pula ucapannya.” -selesai-

(Dikutip dari Majmu' Kutubi war Rosail: 5/145)

Ditulis oleh: (Syaikh) Abul Abbas Yasin bin Ali alAdeny pada hari Jumat bertepatan dengan 18 Rabiul Awal 1436 H, di Makkah alMukarromah

Wallaahu A'lam

Sumber: Majmu'ah Manhajul Anbiya' | Al-Ustadz Abdul Hakam Abu Ali حفظه الله

__________________

هل يكفي أن يكون المجرّح واحدا ؟

بسم الله الرحمن الرحيم، والصلاة والسلام على النبي الكريم، وعلى آله وصحبه أجمعين.

 أما بعد :
فقد ذكر الخطيب في"تاريخ بغداد" (8/ 374): أنه لمَّا قدم داود الأصبهاني الظاهري بغداد وكان بينه وبين صالح بن أحمد حسن، فكلم صالحاً أن يتلطف له في الاستئذان على أبيه، فأتى صالح أباه فقال له: رجل سألني أن يأتيك.
قال: ما اسمه؟.
قال: داود.
قال: من أين؟
قال: من أهل أصبهان،
قال: أيّ شيء صنعته؟
قال وكان صالح يروغ عن تعريفه إيَّاه، فما زال أبو عبد الله يفحص عنه حتى فطن
فقال: هذا قد كتب إليّ محمد بن يحيى النيسابوري في أمره أنه زعم أن القرآن محدث فلا يقربني.
قال: يا أبت ينتفي من هذا وينكره،
فقال أبو عبد الله: محمد بن يحيى أصدق منه، لا تأذن له في المصير إليَّ .انتهى

قوله : (قد كتب إليّ محمد بن يحيى النيسابوري في أمره أنه زعم أن القرآن محدث فلا يقربني.
قال: يا أبت ينتفي من هذا وينكره،
فقال أبو عبد الله: محمد بن يحيى أصدق منه، لا تأذن له في المصير إليَّ ).

ففي ذلك أن العالم الراسخ، العارف بأسباب الجرح يؤخذ بقوله وإن لم يصدر ذلك الجرح من عالم آخر.
•هذا على خلاف ما يقوله بعض الجهلة الذين يقولون : سننتظر كلام عالم آخر  !!.
• وآخرون يقولون : سننتظر كلام عالم ثالث.
• وآخرون يقولون : سننتظر كلام علماء بلاد كذا وكذا. وهلمّ جرا.
فهذه طريقة من ينتظر ما يهواه، ولا يوفّق صاحبه.

قال الشيخ ربيع المدخلي : إذا نقل الأئمة الجرح المفسّر ، ولو إمام واحد نقل الجرح المفسر يكفينا ، وتقدم لكم أنه لو جرّح واحد بجارح معتبر ، وجاء من يعارضه ويُزكي هذا المجروح أنه يسقط ويسقط كلامه .انتهى. من ." مجموع الكتب والرسائل" (15 / 145 ) .

✏ كتبه : أبو العباس ياسين بن علي العدني.
 في يوم الجمعة الموافق للثامن عشر من شهر ربيع الأول عام 1436هـ.
 مكة المكرّمة

~~~~~~ ❁ ✺ ❁ ~~~~~~

✒ Alih Bahasa: Abu Ishaq Solo حفظه الله [FBF-6]

Muroja'ah: Al-Ustadz Abu Yahya Al-Maidaniy حفظه الله [FBF-5]

__________________
مجموعـــــة توزيع الفـــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF]

Ulasan