Lafadz Yang Terlarang (3)

::: LAFADZ-LAFADZ YANG TERLARANG (3) :::
// Pertanyaan No. 17

Oleh: Asy-Syaikh Al-'Allaamah Muhammad bin Sholih Al-'Utsaimin رحمه الله

✹✹✹

PERTANYAAN:
Bagaimanakah kami menggabungkan antara Perkataan para Shahabat:

الله ورسوله أعلم

“Allahu wa Rasuluhu a'lam” (Allah DAN Rasul-Nya yang lebih mengetahui), dengan huruf wawu 'athof (و عطف) dan persetujuan mereka atas ucapan tersebut,

Dengan pengingkaran Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam tentang ucapan seseorang yang mengatakan:

ما شآء الله و شئت

“Masyaa Allahu wa syi'ta” [Atas kehendak Allah DAN kehendakmu]?

JAWAB:
Ucapan الله ورسوله أعلم (ALLAHU WA RASULUHU A'LAM) itu diperbolehkan, dikarenakan ilmu Rasulullah tersebut berasal dari Allah.

Allah lah yang mengajarkan beliau apa yang tidak mampu dijangkau oleh manusia, oleh karenanya kalimat tersebut datang dengan bentuk (huruf) wawu (و), begitupula dengan dengan permasalahan syari'at, dikatakan الله رسوله أعلم ALLAHU WA RASULUHU A'LAM karena Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam adalah makhluq yang paling mengetahui tentang syari'at Allah, dan ilmu beliau itu berasal dari ilmu Allah yang Allah ajarkan kepada beliau, sebagaimana Firman Allah Ta'ala :

و أنزل الله عليك الكتاب و الحكمة و علمك ما لم تكن تعلم،..

“Dan Allah telah menurunkan kepadamu Al Kitab dan Al Hikmah dan mengajarkanmu apa yang belum kamu ketahui.” {QS. An Nisaa 113}

Dan ini bukanlah seperti ucapan:

ما شآء الله وشئت

“Masyaa Allahu wa syi'ta” [Atas Kehendak Allah DAN kehendakmu]

Karena hal ini pada pembahasan Al Qudrah; Kemampuan dan Al Masyi`ah; Kehendak. Dan tidaklah mungkin menjadikan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam sebagai tandingan bagi Allah.

Dalam perkara syari’at boleh diucapkan (Allahu wa rasuluhu a'lam) adapun dalam perkara Kauniyah tidaklah boleh dikatakan yang demikian.

Dan dari sini, kita dapat mengetahui kekeliruan dan kebodohan orang-orang sekarang yang menuliskan terhadap sebagian amalan-amalan mereka dengan ayat :

وقل أعملوا فسيرى الله عملكم و رسوله،..

Dan katakanlah : beramallah kalian, maka Allah DAN Rasul-Nya akan melihat amalan kalian [QS. At-Taubah 105].

Karena Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam tidaklah mampu melihat amalan mereka setelah beliau wafat.

------

المناهي اللفظية

سئل فضيلة الشيخ :

 كيف نجمع بين قول الصحابة (الله ورسوله أعلم) بالعطف بالواو وإقرارهم على ذلك وإنكاره صلى الله عليه وسلم ، على من قال (ما شاء الله وشئت) ؟ .

فأجاب بقوله :

 قوله (الله ورسوله أعلم ) جائز . وذلك لأن علم الرسول من علم الله ، فالله – تعالى – هو الذي يعلمه ما لا يدركه البشر ولهذا أتى بالواو وكذلك في المسائل الشرعية يقال : ( الله ورسوله أعلم) لأنه ، صلى الله عليه وسلم أعلم الخلق بشريعة الله ، وعلمه بها من علم الله الذي علمه كما قال الله – تعالى - :

(وأنزل الله عليك الكتاب والحكمة وعلمك ما لم تكن تعلم).

وليس هذا كقوله (ما شاء الله وشئت) لأن هذا في باب القدرة والمشيئة ، ولا يمكن أن يجعل الرسول صلى الله عليه وسلم مشاركا لله فيها .

ففي الأمور الشرعية يقال ( الله ورسوله أعلم ) وفي الأمور الكونية لا يقال ذلك .
ومن هنا نعرف خطأ وجهل من يكتب الآن على بعض الأعمال (وقل أعملوا فسيرى الله عملكم ورسوله).لأن الرسول صلى الله عليه وسلم لا يرى العمل بعد موته .

Sumber: http://www.ibnothaimeen.com/all/books/article_16992.shtml

✒ Alih Bahasa: Syabab Forum Berbagi Faidah

__________________
مجموعـــــة توزيع الفـــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF] | www.alfawaaid.net

Ulasan