Menggabungkan Antara Menuntut Ilmu dan Membantah Ahlul Bid'ah

::: MENGGABUNGKAN ANTARA MENUNTUT ILMU DAN MEMBANTAH AHLUL BID'AH :::

Oleh: Asy-Syaikh Zaid bin Muhammad bin Hadiy Al-Madkhaliy رحمه الله

✹✹✹

Apa nasehat Anda wahai Syaikh tentang seorang pemula dalam menuntut ilmu yang menyibukkan dirinya dengan apa yang terjadi antar ulama tentang bantahan-bantahan dan berbagai ucapan sedang ia tidak mengetahui bahkan fikih thoharoh dan selainnya?

Asy-Syaikh رحمه الله menjawab:
“Nasehatku untuknya agar ia menjadi seorang faqih dalam ad-diin : dalam akidahnya dan seluruh perkara ta'abbudiyah (peribadatan kepada Allah), dalam perilaku dan MANHAJ yang ia berjalan di atasnya.

Dan diantaranya (memahami) kitab-kitab ruduud (bantahan) yang salafus shalih dan pengikut mereka membantah ahlul ahwa' wal bida', dan betapa banyak ia di setiap zaman dan tempat.

MAKA tidak boleh bagi seseorang yang kurang dalam memahami tentang thoharoh atau shalat, hal itu mengantarkannya untuk mengharamkan orang-orang dari menyimak kitab-kitab ruduud, menulis, mengambil faedah, dan membacanya.

Tidak lain agama itu sempurna. Sehingga sebagaimana wajib untuk kita memahami akidah dan seluruh perkara peribadatan, kita juga wajib memahami manhaj 'amaliy (praktek) dan memahami sunnah untuk mengamalkannya serta mengenal lawannya untuk menjauhinya yaitu bid'ah.

Sehingga inilah yang selayaknya terjadi.

فلا يجوز لأحد أن يقول للناس اتركوا هذه الردود واتركوا كذا وكذا وعليكم بكذا

Maka tidak boleh untuk ia berkata kepada orang-orang : “TINGGALKANLAH BANTAHAN-BANTAHAN INI DAN TINGGALKAN YANG DEMIKIAN DAN DEMIKIAN, DAN KALIAN HARUS BEGINI !”

Ini ia berucap tanpa ilmu, SEBAB jika ia tidak mengetahui kejelekan, ia pasti jatuh ke dalamnya.

Dan bantahan-bantahan itu menerangkan jalan kebaikan dari jalan kejelekan.

Sehingga ia mendengar kaset(ilmu), membaca kitab, dan mendengarkan dari ulama tentang seluruh tingkatan sedini : akidah dan syariah, sunnah dan MANHAJ.

Tidak dikenalkan kita tentang para pelaku bid'ah dari zaman yang lampau sejak zaman shahabat sampai waktu kita sekarang ini kecuali dengan perantara kitab-kitab bantahan atas mereka.

Andaikata tiada didapati kitab-kitab bantahan pada suatu waktu dan tempat, orang-orang pasti tiada mengetahui pelaku bid'ah dan tidak mampu mentahdzir/ memperingatkan tentang mubtadi'.

Dan wajib atas yang melakukan bantahan untuk melaksanakan perjanjian dengan Allah untuk tidak mengatakan kecuali kebenaran.

Dan untuk mereka tidak menuduh seorang yang mereka tidak memiliki bukti dan informasi dalam tulisan atau kaset atau kitabnya yang disusun.

Inilah metode bantahan. Tanpa hal itu tidak boleh bagi seseorang untuk membantah melalui persangkaan dan tuduhan tanpa kejelasan hakikatnya. Ya (demikian).”

------

ما نصيحتكم يا شيخ لمن شغل نفسه من المبتدئين بالردود ولا يعرف حتى فقه الطهارة وغيرها ؟

▪سئل شيخنا العلامة الفقيه زيد المدخلي - رحمه الله -

سائل من الإمارات يقول :

 ما نصيحتكم يا شيخ لمن شغل نفسه من المبتدئين بما بين العلماء من الردود والأقوال ولا يعرف حتى فقه الطهارة وغيرها ؟

(الجواب) :

: نصيحتي له أن يتفقَّه في
 الدين ،
• في عقيدته وفي الشعائر التعبُّدية ،
• وفي سلوكه ، وفي منهجه الذي يسير عليه، • ومن ذلك كتب الردود التي رد بها السلف الصالح وأتباعهم على أهل الأهواء والبدع وما أكثرها في كل زمان ومكان .

: فلا يجوز لأحد أن يتذرَّع بقلة الفقه في الطهارة أو الصلاة ، يتذرع بذلك ليُحرِم الناس من سماع كتب الردود وكتابتها والاستفادة منها وقراءتها ،
• وإنما الدين كامل فكما يجب أن نتفقه في العقيدة ، وفي الشعائر التعبدية ، نتفقَّه كذلك في المنهج العملي ، وفي السُّنة لنعمل بها ، ونتعرف على ضدها لنجتنبه وهي البدعة .
• فهذا هو الذي ينبغي أن يكون،

: فلا يجوز لأحد أن يقول للناس اتركوا هذه الردود واتركوا كذا وكذا وعليكم بكذا ،
• هذا بدون علم يقول ، لأنه إن لم يعرف الشر وقع فيه ،
• والردود تبيِّن طريق الخير من طرق الشر ، فيسمع الشريط ويقرأ الكتاب ويسمع من العالم في جميع مراتب الدين : عقيدة وشريعة ، سُنَّة ومنهجا
• وما عُرف لنا أصحاب البدع من قديم الزمان من عهد الصحابة إلى يومنا هذا إلا بواسطة كتب الردود عليهم .
☝: فلو لم توجد كتب الردود في الأزمنة والأمكنة ما عَرَفَ الناس أهل البدع ولا استطاعوا أن يُحذِّروا من مبتدع ،
• وعلى أهل الردود عليهم عهد الله وميثاقه أن لا يقولوا إلا الحق ،
• ولا يتهموا مَنْ ليس لهم عليه بينة ومعرفة من كتابته أو مطوياته أو شريطه أو كتابه المؤلَّف .
• هذه طريقة الردود ،
• وبدون ذلك لا يجوز لأحد أن يرد على سبيل الظن والاتهام بدون حقيقة نعم " اﻫـ.

✲✹✲

▫استمع الرابط 

Sumber: www.sahab.net/forums/?showtopic=13468

✒ Alih Bahasa: Al-Ustadz Abu Yahya Al-Maidaniy (Solo) حفظه الله - [FBF 5]

____________________
مجموعــــة توزيع الفـــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF]

Ulasan