Para Ulama Paling Mengetahui Tentang Fiqhul Waqi’ (Memahami Fakta Dan Realita Kekinian)

::: PARA ULAMA PALING MENGETAHUI TENTANG FIQHUL WAQI’ (MEMAHAMI FAKTA DAN REALITA KEKINIAN) :::

Oleh: Asy-Syaikh Muqbil bin Hady Al Wadi'iy رحمه الله

✹✹✹

PERTANYAAN:
Fiqhul waqi' adalah kata yang (sering) didengungkan oleh sebagian ahlul ahwa' dan menyebabkan para ulama diboikot karenanya?

JAWABAN:

مسألة فقه الواقع هذا أمر ما يجهله إلا حمار

Permasalahan Fiqhul waqi' ini adalah suatu perkara yang tidak ada yang tidak mengetahuinya KECUALI keledai.

Bersamaan itu para ulama dan para dokter (yang mengobati problem ummat) adalah yang paling memahami kondisi orang-orang sebab datang berbagai pertanyaan kepada mereka dari berbagai negeri (kemudian) dijelaskan kepada mereka tentang kondisi permasalahan (terkini)baik dari wilayah yang dekat maupun yang jauh.

Kita tanyakan kepada mereka(yang mengatakan para ulama tidak paham fakta dan realita terkini) apakah termasuk paham realita yaitu pengobatan/pemberian solusi terhadap berbagai penyimpangan (di berbagai tempat) ini...?!

Ataukah yang tergolong fiqhul waqi' itu (adalah) mengetahui berapa jumlah jalan raya di Kairo dan berapa jumlah jalan raya di Baghdad..?!

Kita tanyakan kepada mereka tentang ini?!

_____________

Apabila (jawabannya bahwa fiqhul waqi') adalah penyelesaian permasalahan kekinian yang ada maka ulama lah yang mengobati berbagai permasalahan itu.

Jika itu dalam hal pengobatan penyimpangan maka Allah Ta'ala berfirman:

وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلاً قَرْيَةً كَانَتْ آَمِنَةً مُطْمَئِنَّةً يَأْتِيهَا رِزْقُهَا رَغَداً مِنْ كُلِّ مَكَانٍ فَكَفَرَتْ بِأَنْعُمِ اللَّهِ فَأَذَاقَهَا اللَّهُ لِبَاسَ الْجُوعِ وَالْخَوْفِ بِمَا كَانُوا يَصْنَعُونَ

“Dan Allah datangkan permisalan tentang suatu negeri yang dahulu aman tenteram, datang rezeki kepadanya penuh kelapangan dari segala penjuru LALU penduduk negeri itu kufur terhadap nikmat-nikmat Allah MAKA Allah timpakan rasa lapar dan ketakutan dengan sebab perbuatan mereka itu.”

Sehingga kita (para ulama) menyeru orang-orang seluruhnya untuk berpegang teguh kepada Kitabullah dan memegang erat Sunnah Rasulullah ﷺ  (sebagaimana firman-Nya) :

 وَلَوْ أَنَّهُمْ أَقَامُوا التَّوْرَاةَ وَالْإِنْجِيلَ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِمْ مِنْ رَبِّهِمْ لَأَكَلُوا مِنْ فَوْقِهِمْ وَمِنْ تَحْتِ أَرْجُلِهِمْ

“Seandainya mereka ahlul kitab) menegakkan kandungan Injil dan Taurat dan apa yang turun dari Rabb mereka sungguh mereka makan dari arah atas dan dari bawah kaki-kaki mereka.”

وَأَنْ لَوِ اسْتَقَامُوا عَلَى الطَّرِيقَةِ لأَسْقَيْنَاهُمْ مَاءً غَدَقًا

Dan seandainya mereka istiqomah di atas jalan (kebenaran) sungguh pasti kami curahkan air yang melimpah.

Maka penyelesaian permasalahan kekinian adalah dengan meninjau kepada penyimpangan-penyimpangan yang ada dan apa yang terjadi pada kaum muslimin dari (perbuatan mereka sendiri):

• bermuamalah dengan riba,
• tabarruj (wanita berdandan menampakkan aurat)
• dan sufur(wanita menyingkap wajahnya),

Ditinjau pula dari tipu daya musuh-musuh Islam dan demikian juga permasalahan -permasalahan lainnya, kita (para ulama) akan mengamatinya lalu setelah itu memberi obatnya.


INILAH FIQHUL WAQI'!

لا فقه الواقع التوقعات وهي دسيسة دسيسة من قبل الحزبيين الذين يريدون أن يطعنوا في علماء الإسلام حتى لا يظهروا بدعهم والله المستعان .

Bukanlah yang disebut Fiqhul waqi' itu adalah yang dibuat-buat/dinanti-nanti sedang itu adalah TIPUAN. Tipuan yang datang dari HIZBIYYIN yang menginginkan untuk mencela ulama Islam sehingga mereka bisa menutupi kebid'ahan-kebid'ahan mereka. Wallaahul musta'an..

Yang terpenting bahwa ULAMA adalah orang yang paling MEMAHAMI realita permasalahan terkini.

Dan segala pujian yang sempurna bagi Allah. Dan Allah lah tempat memohon pertolongan.

Sumber:  الأجوبة العلمية على الأسئلة الوصابية

_____________________

العلماء أعرف الناس بفقه الواقع

نص السؤال:

فقة الواقع هذه الكلمة التي يدندن من أجلها بعض أهل الأهواء والتي هجر من أجلها العلماء ؟

 نص الإجابة:
مسألة فقه الواقع هذا أمر ما يجهله إلا حمار ، مع أن العلماء والأطباء أعرف الناس بأحوال الناس لأنه تأتيهم الأسئلة من بلدان شتى ، وتشرح لهم القضايا من أماكن قريبة وبعيدة ، فنسألهم هل من فقه الواقع معالجة هذه الانحرافات ؟

 أم من فقه الواقع أن يعرف كم في القاهرة من شوارع ، كم في بغداد من شوارع ، نسألهم بهذا ، إن كان معالجة القضايا فالعلماء هم الذين يعالجون القضايا ، إن كان معالجة الانحرافات فالله سبحانه وتعالى يقول :

" وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلاً قَرْيَةً كَانَتْ آَمِنَةً مُطْمَئِنَّةً يَأْتِيهَا رِزْقُهَا رَغَداً مِنْ كُلِّ مَكَانٍ فَكَفَرَتْ بِأَنْعُمِ اللَّهِ فَأَذَاقَهَا اللَّهُ لِبَاسَ الْجُوعِ وَالْخَوْفِ بِمَا كَانُوا يَصْنَعُونَ " .

فندعو الناس كلهم إلى التمسك بكتاب الله وإلى التمسك بسنة رسول الله - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - ،

 " وَلَوْ أَنَّهُمْ أَقَامُوا التَّوْرَاةَ وَالْإِنْجِيلَ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِمْ مِنْ رَبِّهِمْ لَأَكَلُوا مِنْ فَوْقِهِمْ وَمِنْ تَحْتِ أَرْجُلِهِمْ " ، " وَأَنْ لَوِ اسْتَقَامُوا عَلَى الطَّرِيقَةِ لأَسْقَيْنَاهُمْ مَاءً غَدَقًا " .

فعلاج الواقع أن ننظر إلى الانحرافات ، وما عليه المسلمين من التعامل بالربا ، ومن التبرج والسفور ، ومن أيضاً كيد أعداء الإسلام ، وهكذا أيضاً الأمور الأخرى ننظر إليها ثم بعد ذلكم نعالجها هذا هو فقه الواقع ،

لا فقه الواقع التوقعات وهي دسيسة دسيسة من قبل الحزبيين الذين يريدون أن يطعنوا في علماء الإسلام حتى لا يظهروا بدعهم والله المستعان .

فالمهم العلماء أعرف الناس بفقه الواقع والحمد لله والله المستعان .

من شريط : ( الأجوبة العلمية على الأسئلة الوصابية )

✲✲✲

Sumber: http://www.muqbel.net/fatwa.php?fatwa_id=260

✒ Alih Bahasa: Al-Ustadz Abu Yahya Al-Maidaniy حفظه الله  [FBF-5]

__________________
مجموعـــــة توزيع الفـــــــوائد
WA Forum Berbagi Faidah [FBF]

Ulasan