Pujian Asy-Syaikh Muhammad bin Hadi Al-Madkholi kepada Asy-Syaikh Robi' Al-Madkholi

::: PUJIAN ASY-SYAIKH MUHAMMAD BIN HADI AL-MADKHOLI KEPADA ASY-SYAIKH ROBI' AL-MADKHOLI :::

✹✹✹

PERTANYAAN KETIGA:
Seseorang bertanya: “Sebagian ikhwan ketika menasehati sebagian pelajar baru, mereka tidak menyebutkan ulama kibar yang memahami tentang (ilmu) jarh, sehingga (hanya) menyebutkan sebagian ulama kibar yang tidak ada khilaf (penilaian) tentang mereka dan berucap:

“Seandainya aku menyebut semisal Asy-Syaikh Robi' Al-Madkholi dan semisalnya dari kalangan kibar ulama (penyebutan nama mereka) bisa menjadikan pelajar-pelajar itu lari (dari manhaj salaf)?”

Asy-Syaikh Muhammad bin Hadi Al-Madkholi حفظه الله menjawab:
Asy-Syaikh Robi' termasuk kibar ulama, ulama sunnah, celaan apa sehingga (kamu) malu untuk menyebut tentang beliau, beliau bukan orang yang jelek hingga ditutupi penyebutannya - semoga Allah senantiasa memberi taufik kepada beliau dan menutup hayat kami, beliau, dan kalian dengan segenap kebaikan-.

Asy-Syaikh Robi' termasuk figur panji sunnah di zaman ini berdasar kesaksian para tokoh-tokoh ulama kibar, bukan dengan persaksian kami. Sehingga beliau bukan seseorang yang kita malu untuk menyebutkan tentangnya.

Dan tidaklah malu dari menyebut tentang beliau KECUALI mayoritasnya seorang yang BERPENYAKIT dan MENYIMPANG (manhajnya) atau seseorang yang melihat dirinya dalam berijtihad (menilai Asy-Syaikh Robi') adalah benar sedang ia benar-benar keliru dalam ijtihadnya ini.

الشيخ ربيع من الأعلام الذين يذكرون في هذا الزمن، أعلام السُنة ويُفاخَر بذكرهِم،

“Asy-Syaikh Robi' termasuk panji-panji (sunnah) yang disebutkan (keutamaan mereka di atas sunnah) di zaman ini. PANJI SUNNAH yang berbangga untuk menyebutnya.”

فهو -حفظهُ الله- مُجاهدٌ في الدفاع عن السُنة والذبّ عنها كبقية إخوانه علماء السُنة في هذا العصر

“Beliau - semoga Allah menjaganya - seorang Mujahid pejuang dalam membentengi sunnah dan membelanya sebagaimana saudara-saudara beliau ulama sunnah yang lainnya di zaman ini.”

Di setiap waktu dan tempat, ulama sunnah tidaklah malu menyebut tentang mereka. Ini (perkataan orang di atas) kalam mungkar yang sangat aneh.

Kami memohon kepada Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Agung untuk menganugerahi kami dan kalian fikih (pemahaman yang dalam) terhadap agama dan terjauhkan dari sikap 'ujub(congkak) dan mengikuti hawa nafsu.

Sumber: Pertemuan Ke-32 dari Acara “Pertemuan dengan Penuntut Ilmu bersama Asy-Syaikh Muhammad bin Hadi Al-Madkholi” pada hari Ahad 26 Rabi'uts Tsaaniy 1436 H.

مجموعة منهج الأنبياى

_____________________

ثناء الشيخ محمد بن هادي المدخلي حفظه على الشيخ ربيع بن هادي المدخلي حفظه الله تعالى

السؤال الثالث:

هذا يقول هناك بعض الإخوة عند نصحهم لبعض الطلبة الجدد لا يذكر لهم العلماء الكبار العارفين، بالجرح فيذكر بعض العلماء الكبار الذين لا خلاف فيهم، ويقول إذا ذكرت مثل الشيخ ربيع المدخلي وغيره من كبار العُلماء، قد ينفر منهُ هؤلاء الطلاب؟

الجواب:

الشيخ ربيع من كبار العُلماء، عُلماء السُنة، ماهو سُبة يُستحيى من ذكرهِ، وليس هو بسوء حتى يُتخفى من ذكره -وفقه الله- وختم لنا ولهُ ولكم جميعًا بكل خير، الشيخ رييع من أعلام السنة في هذا الزمان، بشهادة العلماء الكبار الأعلام، ماهو بشهادتنا نحنُ،

فليس هو ممن يُستحيَّ من ذكرهِ، ولا يستحيّ من ذكرهِ إلا مريض مُنحرِف غالبًا أو من يرى نفسهُ في اجتهادهِ مُصيبًا وقد أخطأَ في الاجتهاد هذا،

الشيخ ربيع من الأعلام الذين يذكرون في هذا الزمن، أعلام السُنة ويُفاخَر بذكرهِم، فهو -حفظهُ الله- مُجاهدٌ في الدفاع عن السُنة والذبّ عنها كبقية إخوانه علماء السُنة في هذا العصر،

وفي كل زمانٍ ومكان فعلماء السُنة لا يُستحيَّ من ذكرهِم، هذا كلام مُنكر عجيب جدًا نسأل الله -عزَّ وجلّ- أن يرزقنا وإياكم الفقه في الدين، والبعد عن العُجب والهوى.

مصدر :

اللقاء الحادي والثلاثون من لقاءات طلبة العلم مع فضيلة الشيخ محمد بن هادي المدخلي والذي كان يوم الأحد 26 ربيع الثاني 1436هـ

✲✲✲

Sumber : http://ar.miraath.net/fatwah/7724/07/meeting-with-sh-mohammed-haady-26-04-1436h (Unduh audio durasi 01.59)

✒ Alih Bahasa:
Al-Ustadz Abu Yahya Al-Maidaniy (Solo) حفظه الله - [FBF 5]

__________________
مجموعـــــة توزيع الفـــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF] | www.alfawaaid.net

Ulasan