Apa Makna Hizbiyyah?

::: APA MAKNA HIZBIYYAH? :::

Oleh: Asy-Syaikh Al-'Allamah Robi' bin Hadi Al-Madkholi hafizhohulloh ta'ala

✲✹✲

P E R T A N Y A A N:

Apa makna hizbiyyah? Dan apa makna bahwa fulan padanya ada hizbiyyah? Dan siapakah mereka hizbiyyun? Dan apakah dakwah mereka? Dan apakah manhaj mereka?


J A W A B A N:

كل من خالف منهج النبي وسنته فهو من أحزاب الضلال، والحزبية ليس لها شروط

Setiap yang menyelisihi Manhaj Nabi dan sunnah nya maka dia termasuk dari kelompok-kelompok sesat, dan hizbiyyah tidak memiliki persyaratan..

Alloh Ta'ala menamakan ummat-ummat terdahulu sebagai ahzab (kelompok-kelompok), dan menamakan kaum Quraisy tatkala mereka berkumpul dan bergabungnya golongan-golongan kepada mereka sebagai ahzab, TIDAK ADA pada mereka struktur organisasi dan tidak ada pada mereka sesuatu pun, maka BUKAN MERUPAKAN SYARAT HIZBIYYAH HARUS adanya organisasi.

فإذا نظم هذا الحزب زاد سوء، فالتعصب لفكر معين يخالف كتاب الله وسنة الرسول والموالاة والمعادات عليه هذا تحزب

Namun apabila ada yang mengorganisir kelompok ini maka menjadi bertambah jelek, sehingga fanatisme kepada suatu pemikiran tertentu yang menyelisihi Kitabulloh dan Sunnah Rosul serta melakukan loyalitas dan kebencian di atas dasar kelompok maka ini adalah sikap hizbiyyah..

هذا التحزب ولو لم ينظم، تبنى فكرا منحرفا وجمع عليه أناسا هذا حزب سواء نظمه أو لم ينظمه،

Hizbiyyah ini sekalipun tidak terorganisir, DIBANGUN diatas sebuah pemikiran yang menyimpang dan dia mengumpulkan diatas kelompok tersebut orang-orang, maka ini adalah HIZBIYYAH sama saja apakah ada yang mengorganisir ATAUPUN tidak ada yang mengorganisir nya..

Selama mereka bersatu untuk suatu hal yang bertentangan dengan Alkitab dan As-sunnah ini adalah hizbiyyah, orang-orang kafir yang mereka dahulu memerangi Rosul mereka tidak memiliki organisasi yang ada seperti sekarang, namun dengan itu Alloh namakan mereka sebagai ahzab (kelompok-kelompok), bagaimana bisa?

Karena mereka  berkelompok demi suatu kebatilan dan mereka memerangi Al-Haq :

﴿ كَذَّبَتْ قَبْلَهُمْ قَوْمُ نُوحٍ وَالْأَحْزَابُ مِنْ بَعْدِهِمْ ۖ وَهَمَّتْ كُلُّ أُمَّةٍ بِرَسُولِهِمْ لِيَأْخُذُوهُ ۖ وَجَادَلُوا بِالْبَاطِلِ لِيُدْحِضُوا بِهِ الْحَقَّ ﴾ [سورة غافر 5]

“Sebelum mereka, kaum Nuh dan golongan-golongan yang bersekutu sesudah mereka telah mendustakan (rasul) dan tiap-tiap umat telah merencanakan makar terhadap rasul mereka untuk menawannya dan mereka membantah dengan (alasan) yang batil untuk melenyapkan kebenaran dengan yang batil itu.” [QS. Ghofir: 5]

Alloh namakan mereka sebagai ahzab, mereka berbuat sebagai ahzab, kaum Quraisy mengumpulkan Bani Ghothofan dan Bani Quraidhoh serta beberapa kelompok dari kabilah-kabilah yang mereka tidak terorganisir dengan struktur ini mereka berkumpul maka Alloh menamakan mereka sebagai ahzab dan suratnya dinamakan "surat Al-Ahzab" apakah ahzab tersebut terorganisir?

فليس من شرط الحزب أن يكون منظما، إذا آمن بفكرة باطلة وخاصم من أجلها وجادل من أجلها ووالى...، هذا حزب

Maka BUKAN MERUPAKAN SYARAT hizbiyyah haruslah terorganisir, apabila mereka aman dengan sebuah pemikiran batil dan dia bertikai demi membelanya serta berdebat karenanya dan berloyalitas..., ini adalah hizbiyyah.

Dan apabila dia tambahkan hal itu menjadi sebuah organisasi -barokallohu fik- dan mengkoordinir harta-harta dan seterusnya, -tentunya- bersikap berlebihan dalam hizbiyyah dan menjadi termasuk dari ahzab kesesatan na'udzu billah.

Kaset berjudul: Rof'us sitar (menguak tabir)

----

 الشيخ العلامة ربيع بن هادي المدخلي حفظه الله تعالى

السؤال:

ما معنى الحزبية؟ وما معنى أن فلان عنده حزبية؟ ومن هم الحزبيون؟ وما هي دعوتهم؟ وما هو منهجهم؟

الجواب:

كل من خالف منهج النبي وسنته فهو من أحزاب الضلال، والحزبية ليس لها شروط، الله سمى الأمم الماضية أحزابا، وسمى قريشا لما تجمعوا وانضم إليهم من [الفرق] أحزابا، ما عندهم تنظيم ولا عندهم شيء، فليس من شرط الحزب أن يكون منظم،

فإذا نظم هذا الحزب زاد سوء، فالتعصب لفكر معين يخالف كتاب الله وسنة الرسول والموالاة والمعادات عليه هذا تحزب، هذا التحزب ولو لم ينظم، تبنى فكرا منحرفا وجمع عليه أناسا هذا حزب سواء نظمه أو لم ينظمه، ما دام [يجتمعون] لواحد يخالف الكتاب والسنة هذا حزب، الكفار الذين كانوا يحاربون الرسول ما كان عندهم التنظيم الموجود الآن، ومع ذلك أطلق الله عليهم أحزابا، كيف؟

لأنهم تحزبوا للباطل وحاربوا الحق ((كذبت قبلهم قوم نوح والأحزاب من بعدهم وهمت كل أمة برسولهم ليأخذوه وجادلوا بالباطل ليدحضوا به الحق)) سماهم أحزابا، عملوا أحزاب، جمّعت قريش غطفان وقريظة وأصناف من القبائل ما هم منظمين هذا التنظيم تجمعوا سماهم الله أحزابا وسميت السورة "سورة الأحزاب" هل الأحزاب منظمون؟

فليس من شرط الحزب أن يكون منظما، إذا آمن بفكرة باطلة وخاصم من أجلها وجادل من أجلها ووالى...، هذا حزب، فإذا زاد ذلك تنظيما -بارك الله فيك- وجند الأموال وإلى آخره، -طبعا- أمعن في الحزبية وصار من أحزاب الضلال والعياذ بالله.

[شريط بعنوان: رفع الستار]

Sumber: http://www.rabee.net/ar/questions.php?cat=31&id=662

Alih Bahasa: Al Ustadz Muhammad Sholehuddin Abu 'Abduh (Karawang) حفظه الله - [FBF 2]

__________________
مجموعـــــــة توزيع الفــــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF] | www.alfawaaid.net

Ulasan